30 Oktober 2010

Command Ipconfig

Fungsi ipconfig

Sebagai administrator jaringan, helpdesk teknisi, dan pengguna home PC, ipconfig dapat menjadi perintah yang sangat berguna. Jika Anda mengalami masalah dengan jaringan atau koneksi jaringan, ipconfig sering langkah pertama dalam mengatasi masalah-masalah.

ipconfig adalah alat command-line, sehingga Anda harus membuka command prompt untuk menggunakannya (kecuali jika Anda menjalankan versi DOS). Dalam Windows XP, klik menu Start, kemudian Run, dan ketik "cmd" di kotak teks dan klik OK. Dalam Windows Vista, atau 7, klik di menu Start dan ketik "perintah" di bar pencarian dan tekan Enter. (Atau Anda dapat melakukannya dengan cara lain juga).

Ketika kamu mengetikkan "ipconfig" pada command prompt dan tekan Enter, Anda akan melihat daftar singkat pengaturan konfigurasi jaringan Anda saat ini, jika Anda terhubung ke jaringan. (Jika Anda tidak terhubung ke jaringan, di samping Media Negara itu akan berkata "Media Media disconnected"). Alamat IP Anda akan ditampilkan, seperti yang akan subnet mask dan default gateway.

Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu jaringan - misalnya, jika Anda memiliki port Ethernet pada laptop Anda, tetapi Anda juga memiliki koneksi nirkabel - informasi maka IP akan ditampilkan untuk sambungan mana yang sedang digunakan, dan interface jaringan yang lainnya akan menunjukkan "Media disconnected."

Dengan mengetik "ipconfig/" semua, Anda dapat melihat informasi jaringan yang lebih rinci. Anda akan melihat deskripsi dari masing-masing interface jaringan yang telah Anda gunakan (seperti "Broadcom Gigabit Controller" atau "Dell Wireless WLAN Mini-PCI Card") serta alamat IP dari server DHCP Anda(s), DNS server(s), dan server WINS. Anda juga akan melihat tampilan jaringan setiap alamat MAC (diberi label "Physical Address"). Jika Anda menggunakan DHCP, Anda juga akan melihat ketika saat ini Anda DHCP sewa diperoleh dan bila diatur akan berakhir.


Jika Anda mengalami masalah jaringan connectivity, dan Anda ingin memutuskan sambungan baik sementara atau mendapatkan alamat IP yang baru, Anda dapat menggunakan ipconfig untuk melakukan itu. Ketik "ipconfig/release" untuk melepas alamat IP Anda saat ini. (Ini akan memutuskan sambungan Anda dari jaringan Anda) Lalu., Jika Anda ingin mendapatkan alamat IP yang baru, ketik "ipconfig/renew".

Apa fungsi Ipconfig?

Ipconfig adalah perintah yang berguna untuk menampilkan informasi jaringan dan troubleshooting masalah connectivity. Untuk mengetahui beberapa fungsi yang lebih maju yang ipconfig dapat melakukan (seperti flushing cache DNS resolver) ketik "ipconfig/?" pada command prompt.

Di bawah ini adalah perintah - perintah yang berhubungan dengan jaringan. Untuk melakukan perintah - perintah tersebut anda harus masuk ke MS DOS Promp.

1. ipconfig /all
Menampilkan informasi konfigurasi koneksi, misalnya Host Name, Primary DNS Type, Ethernet Adapter LAN.
ipconfig /release –> “melepas” IP address yg di dapat dari DHCP server
Mengirimkan pesan DHCPRELEASES ke DHCP server untuk melepaskan konfigurasi DHCP saat ini dan menghapus konfigurasi IP address

2. ipconfig /renew –> “meminta” IP address dari DHCP server

Membuat baru konfigurasi DHCP untuk semua adapter (jika adapter tidak di specified) atau untuk spesifik adapter jika parameter adapter dimasukan, hingga akan didapat IP address yang baru.

3. ipconfig /displaydns

Menampilkan konten dari DNS client resolver cache, yang mengandung entri dari lokal host file dan catatan yang baru didapat. DNS client service memakani informasi ini untuk me-resolve nama2 yang mengantri secara cepat, sebelum melakukan query untuk kofigurasi DNS server

4. ipconfig/flushdns
Flushes dan resets konten dari DNS client cache. Selama DNS troubleshooting, kita dapat menggunakan prosedur ini untuk menghapus cache negatif dan cache lain yang telah ditambah secara dinamic

Naah...itu tadi adalah penjelasan mengenai Command Ipconfig, untuk mengetahui pengertian/fungsi command windows atau artikel saya yang lainnya, bisa dilihat pada link di bawah ini.

Berikut adalah link untuk memilih,


Articles


Music


Mengenai Penulis

Tidak ada komentar: